Senin, 20 Desember 2010

MULTIMEDIA

Menurut IBM, multimedia adalah gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi
bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick
multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau
menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video

Sejarah Multimedia
Suyanto (2003 : 19) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan
multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai
bagian dari pertunjukan. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an, sejak permulaan
tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun
1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.

Definisi Multimedia
Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari
paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik,
animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
Definisi yang lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang
dilakukan oleh Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.

Objek Multimedia
Menurut Sutopo (2003 : 8), objek multimedia terbagi menjadi :

1. Teks
Menurut Sutopo (2003: 8), Hampir semua orang yang biasa menggunakan komputer sudah
terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis
multimedia. Dalam kenyataannya multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan
cepat, karena tidak diperlukan membaca secara rinci dan teliti. Menurut Hofstetter dalam
adalah kebanyakan system multimedia dirancang dengan menggunakan teks karena teks merupakan sarana yang efektif untuk mengemukakan ide-ide dan menyediakan instruksi-instruksi kepada user (pengguna).

2. Image
Menurut Sutopo (2003 : 9), secara umum image atau grafik berarti still image seperti foto
dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual dan gambar merupakan sarana yang
sangat baik untuk menyajikan informasi.

3. Animasi
Menurut Sutopo (2002: 2), animasi adalah pembentukan gerakan dari berbagai media atau
objek yang divariasikan dengan gerakan transisi, efek-efek, juga suara yang selaras dengan
gerakan animasi tersebut atau animasi merupakan penayangan frame-frame gambar secara
cepat untuk menghasilkan kesan gerakan.

4. Audio
Menurut Sutopo (2003 : 13), penyajian audio atau suara merupakan cara lain untuk lebih
memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari
penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu
gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect). Salah satu bentuk bunyi yang bisa
digunakan dalam produksi multimedia adalah Waveform Audio yang merupakan format file
audio yang berbentuk digital. Kualitas produknya bergantung pada sampling rate
(banyaknya sampel per detik). Waveform (wav) merupakan standar untuk Windows PC.

5. Video
Menurut Suyanto (2003: 279), video merupakan elemen multimedia paling kompleks karena
penyampaian informasi yang lebih komunikatif dibandingkan gambar biasa. Walaupun
terdiri dari elemen-elemen yang sama seperti grafik, suara dan teks, namun bentuk video
berbeda dengan animasi.
Perbedaan terletak pada penyajiannya. Dalam video, informasi disajikan dalam kesatuan
utuh dari objek yang dimodifikasi sehingga terlihat saling mendukung penggambaran yang
seakan terlihat hidup.

6. Interactive Link
Menurut Sutopo (2002: 220), sebagian dari multimedia adalah interaktif, dimana pengguna
dapat menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau teks dan menyebabkan
program melakukan perintah tertentu.
Interactive link dengan informasi yang dihubungkannya sering kali dihubungkan secara
keseluruhan sebagai hypermedia. Secara spesifik, dalam hal ini termasuk hypertext
(hotword), hypergraphics dan hypersound Menjelaskan jenis informasi yang dihubungkan.
Interactive link diperlukan bila pengguna menunjuk pada suatu objek atau button agar dapat
mengakses program tertentu. Interactive link diperlukan untuk menggabungkan beberapa
elemen multimedia sehingga menjadi informasi yang terpadu. Cara peng-aksesan informasi
pada multimedia terdapat dua macam, yaitu linier dan non-linier. Informasi linier adalah
informasi yang ditampilkan secara sekuansial, yaitu dari atas ke bawah atau halaman demi
halaman, sedangkan pada informasi non-linier (seperti pada Gambar dibawah) dapat
ditampilkan langsung sesuai dengan kehendak pengguna.
Sumber : Multimedia Interaktif dengan Flash (2003: 7)
Ilmukomputer.com

TEKNOLOGI INFORMASI dan PERKEMBANGAN MULTIMEDIA GAMES 2010

Pada perkembangan sekarang ini teknologi informasi berbasis multimedia telah memungkinkan bias di kembangkan untuk kedepannya karena dapat memudahkan manusia bias salaing berhubungan dengan cepat dan mudah. Teknologi ini seharusnya peran pemerintah juga harus turut membantu supaya masyarakatnya bias mengerti dan paham dalam menggunakan teknologi berbasis multimedia. Karena teknologi ini sudah sangat moderen dan sangat efisien. Informasi multimedia lebih baik dan efisien dibandingkan dengan media masa. Teknologi ini juga sangat cepat mudah dan jangkauannya sangat luas.
Teknologi informasi adalah sebuah tantangan yang harus mampu dipecahkan. Untuk itu perlunya adanya dukungan oleh smua kalangan masyarakat semua dan dilandasi oleh keilmuan dengan berbagai pengalaman.
Mengingat hal ini dan bahkan sudah menjadi mata kuliah softskill yang sudah banyak di perguruan perlu mempersiapkan pelaku-pelaku penyuluhan untuk bias mengembangkan informasi dan  mampu memotivasi masyarakat untuk dapat melakukan tindakan yang tepat.
Bahkan ada beberapa prediksi yang menyebutkan teknologi multimedia untuk di tahun 2010 adalah:
  1. Social Gamling : Dampak perkembangan facebook yang semakin besar tahun 2010 akan semakin seru seperti Farmville dan playfish. Perkembangan ini juga dipicu oleh penggunan micropayment yang semakin popular dan berkembang.
  2. Body Motion Sensor: Bermain game akan lebih seru karena akan muncul gerakan-gerakan badan seperti tangan dan kaki. Di PC juga sudahtersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
  3. Augmented Reality: Perkembangan game dengan menggunakan dunia maya dan game didalam satu simulasi akan lebih popular karena makin tersedianya beberapa platform seperti iphone yang sangat mendukung aplikasi.
  4. Internet TV : Perkembangn inipun akan mulai marak pada tahun 2010 karena pekembangan ini di setiap negarapun sudah siap-siap di kembangkan. Namun teknologi ini masih mempunyai kendala karena mahalnya untuk pengguna masyarakat. Tapi apabila ini sudah bias di kembangkan maka internet TV akan sangat maju drastic pada tahun ke tahun.
  5. Mobile Payments : Semakin banyaknya pengguna facebook di mobile gadget akan memicu penggunan mobile payment di HP
Sumber : http : //fit.uii.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar